Beranda | Artikel
Biografi Imam Al-Khaththabi
Jumat, 19 Maret 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Musri Semjan Putra

Biografi Imam Al-Khaththabi merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Faidah-Faidah Sejarah Islam yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 23 Jumadal Akhirah 1442 H / 05 Februari 2021 M.

Download juga kajian sebelumnya: Biografi Ibnu Baththah

Kajian Tentang Biografi Imam Al-Khaththabi

Nama beliau adalah Abu Sulaiman Hamd bin Muhammad bin Ibrahim bin Al-Busti Al-Khaththabi Asy-Syafi’i (أبو سليمان حَمْد بن محمد بن إبراهيم بن الخطاب البستي الخطابي الشافعي). Beliau lahir pada tahun 319 H kemudian wafat pada 388 H.

Para penulis biografi tidak menyebutkan bagaimana kehidupan beliau sehari-hari. Tetapi secara dzahir bahwa beliau hidup di tengah keluarga yang berilmu. Karena beliau telah mempunyai perhatian yang besar terhadap ilmu sejak kecil.

Beliau adalah teman akbrab dari Imam Abu Mashur Ats-Tsa’alibi (أبو منصور الثعالبي), sampai di antara mereka berdua saling bertukar syair. Seperti ungkapan Imam Ats-Tsa’alibi: فديتُ روحك بل روحي، فأنت أنا.

Kita lihat persaudaraan para ulama yang begitu akrab. Hal ini menunjukkan kedekatan di antara mereka dimana saling mencintai sehingga terjalin ukhuwah yang begitu dalam di antara mereka.

Walaupun beliau hidup di negeri beliau sendiri dan di tengah keluarga beliau, tapi beliau merasa asing. Keasingan itu adalah karena banyaknya orang-orang yang jauh dari agama. Tetapi perlu diketahui ketika Imam Al-Khaththabi uzlah (menjauhi manusia), bukan berarti beliau menjauhi tanpa menunaikan hak-hak di antara sesama manusia.

Uzlah yang beliau maksud bukan tidak ikut shalat jum’at atau kegiatan-kegiatan agama lainnya, tapi yang dimaksud adalah menjauhi pertemanan yang melalaikan. Beliau tidak terlalu banyak menghabiskan waktu dengan teman pada perkara-perkara yang tidak penting.

Ini merupakan inspirasi tentang bagaimana kita harus bersikap dizaman ini. Terkadang kita perlu uzlah dalam artian menjauhi group-group di WhatsApp karena terkadang terlalu banyak hal-hal yang kurang berguna.

Apa faedah-faedah menarik dari biografi Imam Al-Khaththabi? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Untuk mp3 kajian  yang lain silahkan kunjungi mp3.radiorodja.com


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/49942-biografi-imam-al-khaththabi/